"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Peduli Perempuan, Kepahiang Ikut Nominasi Penilaian APE tingkat Nasional

ZAHRA PUBLISHING. Peduli Perempuan, Pemda Kepahiang terpilih menjadi nominasi APE tahun 2021.

Selasa 30 maret 2021, bertempat di ruang kantor Bupati Kepahiang, dilakukan verifikasi lapangan Penilaian Anugrah Parahita Ekapraya (APE) secara virtual melalui zoom meeting.

Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, Asisten III sekaligus Plt. Inspektur Inspektorat, Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kab Kepahiang dan Ketua DPC FPPI Kab Kepahiang beserta unsur terkait.

Acara dimulai dengan sambutan dan Pembukaan secara resmi oleh Pak David Arya Bima Deputi bidang kesetaraan gender Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak KemenPPPA RI. Beliau menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan verifikasi Lapangan Penilaian APE ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berhasil dalam melakukan pengarusutamaan gender di segala bidang.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari 7 (Tujuh) Komponen kunci,terdiri dari:
  • Komitmen.
  • Kebijakan.
  • Kelembagaan.
  • Sumber Daya Manusia dan Anggaran.
  • Alat Analisis Gender.
  • Data Gender.
  • Partisipasi Masyarakat

Bupati Kepahiang Dr. Ir. HIDAYATULLAH SYAHID, MM.IPU bersama Wakil Bupati, H. ZURDI NATA, S.IP sangat antusias dengan proses verifikasi ini. Beliau menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Kepahiang sangat memperhatikan PUG. Hal ini terbukti dengan adanya Peraturan Daerah  Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan daerah serta regulasi lainnya yang pro terhadap perempuan.

Selanjutnya paparan tentang PUG (Pangarusutamaan Gender) berdasarkan Indikator A dan Indikator B disampaikan oleh Ibu Dra. Rabiatul Adawiyah mewakili Kepala Bappeda Kab Kepahiang selaku Ketua Kelompok Kerja PUG.

Acara inti yakni verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Bapak Heru Rasyidi sebagai Tim Verifikator. Beliau melakukan tanya jawab kepada Bupati Kab. Kepahiang tentang keterlibatan perempuan dan anak di Kab. Kepahiang, tentang Pendidikan di Kab. Kepahiang, tentang Kesehatan di Kab. Kepahiang, tentang pertanian yang merupakan mata pencaharian utama penduduk Kepahiang. tentang Pariwisata di Kab. Kepahiang dan tentang UMKM Perempuan di Kab. Kepahiang.

Bupati menjawab semua pertanyaan dengan baik dan lancar berdasarkan data data dan fakta dilapangan. Bahwa kabupaten Kepahiang sangat peduli dan perhatian terhadap perempuan. Beliau sangat peduli dan perhatian terhadap keselamatan dan kesejahteraan perempuan dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di Kepahiang.

Terakhir Pemaparan tentang 7 aksi perempuan yang telah ikut serta berperan membangun kepahiang  disampaikan oleh Helmiyesi, M.Si selaku Ketua Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Kab. Kepahiang dan Ketua PKBM Az zahra Kepahiang.

Semoga sinergi antara pemerintah daerah, OPD dan masyarakat dalam PUG ini menghantarkan Kabupaten Kepahiang mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Aamiin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 14 =