"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Keterwakilan perempuan 22.5%, FPPI Ucapkan Selamat

Kepahiang, 15/2/2020. Keterwakilan perempuan 22.5%

Hasil pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang nomor 110/PP.04.2-Pu/1708/KPU-Kab/II/2020 tentang Penetapan Hasil Seleksi Wawancara Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Kepahiang Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, telah diumumkan hari ini. Alhamdulillah…sebanyak 9 orang atau 22.5% Keterwakilan Perempuan lulus menjadi calon PPK se-Kabupaten Kepahiang. Mereka yang lulus 5 besar tersebut adalah:

No Nama Kecamatan
1 Andriani Merigi
2 Depri Yanti Ujan Mas
3 Risda Daniati Ujan Mas
4 Yeni Ariyanti Ujan Mas
5 Ades Salama Fatia Kabawetan
6 Feni Pandu Winata Tebat Karai
7 Reta Haryani Seberang Musi
8 Sakirah Seberang Musi
9 Nora Desita Muara Kemumu

 

Dari tabel dapat kita ketahui bahwa jumlah perempuan yang lulus calon PPK tertinggi ada di Kecamatan Ujan Mas yakni sebanyak 3 orang ( Depri Yanti, Risda Daniati, Yeni Ariyanti), sementara dua Kecamatan tidak memiliki keterwakilan perempuan yaitu Kecamatan Kepahiang dan Kecamatan Bermani Ilir.

Umi Yesi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (DPC FPPI) Kabupaten Kepahiang mengamati proses rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan ini dari awal. Beliau mensuport dan memberi dukungan penuh terhadap perempuan yang ikut berkompetisi dalam ajang pemilihan serentak 2020, dan meminta KPU untuk memperhatikan keterwakilan perempuan sesuai dengan amanah undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu pasal 52 ayat 3 yang berbunyi komposisi keanggotaan PPK memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30% (tiga puluh persen).

Dari 285 pelamar, KPU memutuskan 279 orang yang lulus administrasi dengan jumlah laki-laki 185 orang dan perempuan 94 orang. Ada 34% keterwakilan perempuan. Partisipasi perempuan tertinggi ada di Kecamatan Merigi dan partisipasi perempuan terendah di Kecamatan Muara Kemumu.

Kemudian hasil seleksi tertulis calon anggota PPK se-Kabupaten Kepahiang yang lulus 10 besar adalah 58 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Artinya ada 27.5% keterwakilan perempuan yang lulus seleksi tertulis. Jumlah perempuan yang lulus tertinggi di Kecamatan Ujan Mas dan terendah di Kecamatan Bermani Ilir.

Dan hari ini telah diumumkan 5 besar calon PPK yang lulus seleksi wawancara. Ada 9 perempuan yang berhasil lolos 5 besar dan mewakili kecamatannya. Artinya 22.5% keterwakilan perempuan di Kabupaten kepahiang. Meskipun jumlah ini belum mencapai kuota 30% keterwakilan perempuan, namun Umi Yesi cukup terhibur karena keberadaan perempuan mulai diperhitungkan.

“Kami ucapkan selamat kepada 9 perempuan yang lulus seleksi wawancara PPK se-kabupaten Kepahiang. Semoga mereka benar-benar amanah dan serius menjalankan tugas sebagai PPK sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + one =