"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Membangun Karakter Tutor SPNF SKB Lebong

Lebong, 30/12/2018. Ada yang menarik dari kegiatan Peningkatan Mutu Tutor dan Penyelenggara ala SPNF SKB Lebong yang dilaksanakan selama 3 hari, 28-30 Desember 2018 di Hotel Asri Kel Kampung Jawa Lebong. Mereka mendapat materi Khusus dari Tim Az Zahra Madani Consultan yakni Character Building (Membangun Karakter Diri). Materi terakhir yang disampaikan Bapak Slamet Imam Wakhyudin, S.Ag ini mampu mengaduk-aduk emosi peserta Workshop hingga ada yang meneteskan air mata, menyadari kelemahan dan kekurangan diri selama ini.

Slamet Imam Wakhyudin, S.Ag akrab disapa Abi Imam adalah Ketua PKBM Madani periode 2003-2010; Ketua FK PKBM Prov Bengkulu 2006-2013; Sekjen BK3S Bengkulu 2006-2018; Ketua Komisi Ekonomi MUI; Pembina PKBM Az zahra Kepahiang dan Ketua Sanggar Seni Budaya Panca Mukti.

Karakter atau watak adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Karakter yang harus dimiliki Tutor adalah Integritas; Tanggung jawab; Disiplin; Cooperatif /Kerjasama; Visioner; Kreatif  dan Responsibilty.

Manusia adalah makhluk yang berfikir, merasa, dan berkehendak . Apa yang dilakukan mencerminkan apa yang dipikirkan, apa yang dirasakannya dan apa yang dikehendakinya.

Perubahan tingkah laku dimungkinkan terjadi manakala kita mampu mengubah cara berfikir dan cara merasa tersebut. Jika cara berfikir kita tidak berubah, maka upaya mengubah perilaku peserta didik tidak akan berhasil, karena perubahan perilaku biasanya lahir dari perubahan cara berfikir manusia (dalam hal ini Tutor).

Perubahan sosial yang direncanakan hanya mungkin dilakukan dengan mengubah budaya kita. Karena budaya adalah konsep, nilai dan keyakinan yang diatur oleh masyarakat dalam waktu lama. Dan Transfer budaya kepada masyarakat hanya mungkin bisa dilakukan dengan sebuah Pendidikan yang sistemik, kontinyu dan konsisten . Konsisten antara yang diketahui (kognitif) dan yang dirasakan (efektif).

Adanya workshop ini diharapkan dapat menciptakan Tutor Pendidikan Masyarakat di SPNF SKB Lebong yang berkarakter. Tutor yang mampu:

Mengubah Kata “Sulit” Menjadi  “Mudah’ 

Mengubah Kata “Tidak” Menjadi  “Ya”

Mengubah Kata “Tidak Mungkin” Menjadi “Mungkin”

Mengubah Kata “ Biasa” Menjadi “Luar Biasa”

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =