"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Peningkatan Kapasitas Tutor, Implementasi Kurikulum 2013

Kepahiang, 12/1/2019. Memasuki semester genap tahun pelajaran 2019, PKBM Az Zahra Kepahiang berbenah diri. Hal pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kinerja tutor dengan cara merubah pola kedatangan, dari datang jam mengajar menjadi datang full dihari mengajar alias ngantor. Tujuannya agar layanan terhadap peserta didik dan masyarakat lebih maksimal.

Kedua, membekali tutor berkenaan dengan Kurikulum 2013 yang akan diimplementasikan pada tahun 2019 ini. Untuk itu, maka Az Zahra melaksanakan pelatihan Pembuatan Rancangan Persiapan Pembelajaran (RPP) pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 bertempat di Aula PKBM Az Zahra Kepahiang.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Dr. Hartono, S.Pd.M.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang. Beliau menyampaikan materi tentang Kurikulum 2013 dalam membentuk Tutor yang berkarakter. Inti Kurikulum 2013 adalah Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Narasumber kedua adalah Ibu Sa’adah Ridwan, M.Pd Kepala BP PAUD dan Dikmas Bengkulu. Beliau menyampaikan tentang Kebijakan BP PAUD dan Dikmas Bengkulu tentang Tutor. Disampaikan bahwa saat ini ada 61 orang Tutor Bantu yang bertugas di SPNF SKB Kab/Kota se-Provinsi Bengkulu. Tutor Bantu tersebut mengajar di Program Kesetaraan (Paket A, Paket B dan Paket C) sebanyak 24 JPL. Jika jam mengajar belum terpenuhi, maka Tutor Bantu dapat mengajar di PKBM untuk melengkapi tugas mengajarnya. Mereka digaji 1,5 juta per bulan, sehingga wajib memenuhi tugasnya sebagaimana perjanjian diawal kerja. Menurut beliau ada 5 tugas Guru atau Tutor yakni (1) merancang pembelajaran, (2) melaksanakan pembelajaran, (3) Evaluasi peserta didik, (4) Membimbing peserta didik, (5) mengerjakan tugas lain yang ditugaskan lembaga. Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa ada 4 kompetensi abad 21 yang wajib dimiliki oleh Tutor yakni (1) Berpikir Kritis (critical thingking), (2) Kreatif (creativity), (3) Kolaborasi (collaboration), dan (4) komunikasi (communication).

Narasumber ketiga adalah Bapak Irawan, S.Pd Tutor Berprestasi Provinsi Bengkulu tahun 2018. Beliau adalah Pelatih Kurikulum 2013 yang telah mengikuti Bimtek Calon Pelatih di Surabaya tahun 2018. Beberapa materi tentang Kurikulum 2013 beliau sampaikan, hingga praktek membuat Rancangan Persiapan Pembelajaran (RPP).

Narasumber keempat adalah Helmiyesi, M.Si Ketua PKBM Az Zahra Kepahiang yang menyampaikan Tips-tips asyik dan menarik dalam menulis. Keterampilan menulis penting dikuasai oleh Tutor sebab implementasi Kurikulum 2013 antara lain tentang Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Seluruh tutor yang hadir berjumlah 20 orang. Selain tutor az Zahra, hadir pula beberapa tutor dari lembaga lain yakni dari PKBM Sarana Sakti, PKBM Az zahir, PKBM Excelencia, PKBM Widya Kencana, PKBM Cakrawala dan Tutor Bantu dari SPNF SKB Kepahiang. Mereka sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan sampai dengan selesai. Meski hujan deras dan mati lampu, Tutor berhasil membuat RPP yang ditugaskan. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berdaya guna bagi Tutor Az Zahra dan Tutor di PKBM/SPNF lainnya. Aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =