"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Nenek Demensia,… Aku Belum Pernah Dapat Bantuan

Nenek Demensia,… Aku Belum Pernah Dapat Bantuan

Mengawali tahun 2020 ini Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) Az zahra Kepahiang melakukan pendataan ulang lanjut usia yang akan diusulkan mendapat perawatan sosial tahun anggaran 2020.

Ditengah pendataan tersebut, ada beberapa laporan yang menginformasikan bahwa ada lansia yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. Mereka berkirim foto dan hasil wawancara dengan nenek tersebut. Dengan suara khas lansia dia berkata, “Nenek ko belum dapat bantuan dari pemerintah. Idak ado bantuan samasekali”

Tim Az Zahra segera mencari data diri lansia tersebut, hasilnya setelah ditelusuri nenek tersebut setiap tahun mendapat bantuan program pendampingan dan perawatan lansia dari LKSLU. Bantuan berupa penambahan gizi, obat-obatan dan kebutuhan dasar lainnya.

Beberapa pendamping berdiskusi membahas hal tersebut, dan berkesimpulan bahwa lanjut usia tersebut terkena penyakit Dementia atau demensia, adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya.

Demensia berbeda dengan pikun. Pikun adalah perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang biasa dialami seiring pertambahan usia. Perubahan tersebut dapat memengaruhi daya ingat, namun tidak signifikan dan tidak menyebabkan seseorang bergantung pada orang lain. Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak. Gejala utama demensia adalah penurunan memori dan perubahan cara berpikir, sehingga tampak perubahan pada perilaku dan cara bicara. Gejala tersebut dapat memburuk seiring waktu.

Nah…waspadai penyakit Demensia ini, dan jangan heran jika nenek ditanya sudah pernah dapat bantuan apa belum? Pasti jawabnya belum. Bahkan meski sudah makan 3 kali sehari, jika ditanya sudah makan apa belum? Dia akan jawab belum.

Selamat mendata Tim Az Zahra…semangat dan bantu lanjut usia di sekitar anda. Dampingi dan rawat lansia agar sehat dan bahagia dimasa tuanya.

 

One Response to Nenek Demensia,… Aku Belum Pernah Dapat Bantuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + nineteen =