"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

GERAKAN MENJAHIT MASKER GRATIS UNTUK LANJUT USIA

Kepahiang, 18/4/2020. GERAKAN MENJAHIT MASKER GRATIS UNTUK LANJUT USIA

 

Umi Yesi, Ketua DPC FPPI Kepahiang mengalang donasi biaya beli kain untuk membuat masker. Ada 10 orang penjahit yang bergabung dalam aksi sosial ini. Dibawah komando Ibu Nurhayati Ketua LKP Sumber Hayati, mereka siap menjadi volunter secara sukarela untuk menjahit maskernya. Masker akan di sumbangkan secara gratis untuk lanjut usia binaan Yayasan Az Zahra Kepahiang dan masyarakat umum. Lansia menjadi prioritas karena mereka lebih rentan terhadap resiko tertular covid-19

Menurut World Health Organization, angka kematian paling banyak terjadi pada penderita COVID-19 yang berusia 80 tahun ke atas dengan persentase mencapai lebih dari 22%. Mengapa lansia lebih rentan terhadap paparan virus corona? Seiring bertambahnya usia seseorang, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan. Mulai dari menurunnya produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, hingga kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh.

Kemudian, sistem imun sebagai pelindung tubuh pun tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya saat masih muda. Akibatnya, sulit bagi orang lanjut usia atau lansia untuk melawan berbagai macam bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk terinfeksi virus corona COVID-19. Selain itu, tak sedikit lansia yang memiliki penyakit kronis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, atau kanker. Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko dua kali lipat bagi lansia terinfeksi virus corona.

Donasi berupa kain atau uang tunai yang akan dibelikan kain sudah berlangsung mulai tanggal 5 April 2020. Dan dana yang telah terkumpul hingga saat ini:

Tanggal 5/4/2020: Hamba Allah 200 rb

Tanggal 6/4/2020: Hamba Allah 300 rb

Tanggal 7/4/2020: Hamba Allah 200 rb

Tanggal 11/4/2020: Hamba Allah 350 rb

Tanggal 15/4/2020: Hamba Allah 1 juta

TOTAL DONASI UNTUK KAIN MASKER Rp.2.050.000,-

Jumlah kain masker yang sudah dijahit dan dibagikan hingga saat ini sebanyak 1.030 buah. Masker dibagikan ke rumah-rumah lansia yang dilakukan oleh para pendamping lansia setiap Kecamatan.

No Kecamatan Pendamping Lansia
1 Kepahiang Evitaria

Lidya Analiza

Lilis

Lismi

Imelda

Siti

Susi

Foni

Merti

Elvi

2 Seberang Musi Diana
3 Merigi Deska Pranoto
4 Bermani Ilir Desna

Ida Royani

Tandai

5 Tebat Karai Dewi Hartati

Eni Lestari

Riska

6 Muara Kemumu Reti

Linda

7 Ujan Mas Mardhatilla

Yopa

8 Kabawetan Sri Wanti

Linda

Selain masker, lansia juga diberi Sari Kurma, hasil donasi yang digalang Ibu Reka dkk. Sampai saat ini sudah 110 sarikurma yang telah dibagikan kepada lansia binaan.

BANTU KAMI UNTUK MENJAHIT MASKER GRATIS UNTUK LANSIA KEPAHIANG. DONASI KE REK BRI KEPAHIANG No.214601000177534 atas nama Nurhayati (Koordinator menjahit DPC FPPI KPH). Terimakasih

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =