"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

PAUD Anak Bangsa Belajar Batik Diwo Kepahiang

ZAHRA PUBLISHING. PAUD Anak Bangsa Belajar Batik Diwo Kepahiang

Kamis, 21 Januari 2021, sebanyak 10 anak usia dini yang berasal dari PAUD Anak Bangsa Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan berkunjung ke PKBM Az zahra Kepahiang dalam rangka mengikuti kelas edukasi dan wisata batik diwo. Anak-anak tersebut diantar Umi Endang Sumarni, Pengelola dan dua orang guru yaitu Ibu Rika Anggraini dan Ibu Ike Lestiana.

Umi Yesi, Ketua PKBM menyampaikan bahwa batik diwo adalah batik kebanggaan kabupaten kepahiang, memiliki lima motif sakral dengan filosofi yang berupa mantra baik bagi pemakainya. Anak-anak mendengarkan dengan antusias penjelasan Umi tentang lima motif tersebut.

Motif selempang emas melambangkan keagungan, stabik adalah simbol perdamaian, kembang lima berarti empat penjuru satu saudara, pucuk rebong yang berarti selalu tumbuh dan berkembang serta huruf ka ga nga yang merupakan huruf lokal daerah kepahiang.

Selanjutnya anak-anak belajar membuat pola dengan cara menjiplak motif ke atas kain. Dipandu para pengrajin batik diwo (Umi Erna, Reka, Siska, Defi dan Sesna), anak-anak mengambar dengan ceria.

Kegiatan lain adalah Mencanting, yaitu mengoreskan lilin ke kain. Hal ini  dapat melatih sensori motorik halus pada anak usia dini. Mencanting melatih kesabaran, ketepatan, ketelitian dan kreatifitas pada anak. Anak-anak akan berkonsentrasi full dalam kegiatan ini.

Terakhir, anak-anak belajar mewarnai kain. Anak dibebaskan untuk berkreasi dengan warna-warna yang mereka sukai. Disini anak dilatih perpaduan warna dan kesesuaian motif gambar.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan melalui membatik. Untuk itu kami mengundang para pelajar dari PAUD, SD, SMP, SMA dan masyarakat umum untuk belajar membatik bersama kami. Kontribusi sebesar Rp.25.000,-/orang. Kunjungi Umeak kain diwo, jln. Pengabdian. Kel Padang Lekat. Kec Kepahiang. Kab. Kepahiang. Info lebih lanjut hubungi Umi Erna di 0857-5830-3672.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 18 =