"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Peserta Pertama Kelas Edukasi dan Wisata Batik Diwo Kepahiang

ZAHRA PUBLISHING. Peserta Pertama Kelas Edukasi dan Wisata Batik Diwo Kepahiang

Alifah (8 tahun) adalah peserta pertama yang mengikuti kelas edukasi dan wisata batik diwo kepahiang. Kelas ini telah dimulai hari Selasa, 12 Januari 2021. Alifah datang diantar ayahnya pukul 09.00 wib.

Umi Erna, pendamping sekaligus Ketua Umeak Kain Diwo menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu cara untuk memperkenalkan batik diwo secara dini. Memperkenalkan batik kepada pelajar dan masyarakat, sekaligus mempromosikan kegiatan yang dikelola oleh Umeak kain diwo kepahiang.

Beliaupun memperkenalkan macam-macam motif diwo, ada selempang emas, stabik, kembang lima, pucuk rebung dan huruf ka ga nga. Setiap motif ada arti dan filosofinya tersendiri.

Tahap edukasi praktek membatik adalah mengambar/menjiplak pola, Alifah memilih motif Stabik yang berarti Salam Perdamaian. Ada 7 helai melingkar semacam cakra. Angka tujuh merupakan angka yang bersaksi atas keesan Allah SWT. Sistem alam ini sebenarnya didasarkan atas angka tujuh, karena seringkali angka ini diulang secara sistematis dalam kitab Allah SWT. Jika kita mengamati lingkungan sekitar, angka tujuh menjadi sebuah petunjuk untuk alam dan kehidupan.

Selanjutnya mencanting, merupakan salah satu cara membatik secara manual yaitu batik tulis , mencanting adalah proses penggambaran pola menggunakan lilin malam yang bertujuan agar saat pewarnaan pola yang di beri malam tidak terkena warna.

Setelah mencanting, Alifah diperkenalkan dengan berbagai warna kain. Dia mencoba memberi warna pada kain yang telah dicanting sebelumnya. Dan hasilnya, Alifah ketagihan untuk mencoba pola baru. Hehhee….

Mau belajar seperti Alifah? datang dan kunjungi kami di Jln. Pengabdian. Kelurahan Padang Lekat. Kecamatan Kepahiang. Kabupaten Kepahiang. Provinsi Bengkulu.

Informasi lebih lanjut hubungi Umi Erna di 0857-5830-3672

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 5 =