"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

PELEPASAN PESDIK PAUD DAN KESETARAAN BERBASIS WISATA KELUARGA

Pada hari rabu, 9 Mei 2018 bertempat di objek wisata danau suro Kecamatan Ujan Mas seluruh GTK dan peserta didik az Zahra tahun pelajaran 2017/2018 berkumpul sambil berwisata bersama orang tua/wali. Agenda pelepasan tahun ini agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut adalah lokasi yang digunakan untuk kegiatan. Kami sengaja membuat konsep alam terbuka dan wisata keluarga di danau suro. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengakrabkan diri antara pihak sekolah, peserta didik dan orang tua/wali. Sebagaimana kita ketahui bahwa ketiga elemen tersebut saling terhubung dan saling menguatkan dalam rangka sama sama mencerdaskan anak bangsa. Jika pihak sekolah, peserta didik dan orang tua/wali bersinergi dalam pendidikan ini maka akan menghasilkan peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Sebagaimana tujuan pendidikan itu sendiri yaitu memuliakan manusia. Manusia yang mulia ini akan tercipta karena pembelajaran yang berkesinambungan dari sekolah dan dalam keluarga di rumah.

Adapun jumlah peserta didik yang sudah menyelesaikan pendidikan di PAUD yang berada di desa desa binaan berjumlah 55 anak, dengan rincian sebagai berikut:

  1. PAUD Bougenville Indah Desa Sidorejo Kec Kabawetan = 16 Anak
  2. PAUD Oryza Sativa Desa Limbur Lama Kec Bermani Ilir = 8 Anak
  3. PAUD Asyifa Desa Bayung Kec Seberang Musi = 7 Anak
  4. PAUD Pandan Wangi Desa Taba Padang Kec Seberang Musi = 4 Anak
  5. PAUD Ar Rosyad Desa Talang Gelompok kec Seberang Musi = 4 Anak
  6. PAUD Miftahunnajjah Desa Taba Baru Kec Bermani Ilir = 4 anak
  7. PAUD Tunas Bangsa Desa Cinta Mandi Baru Kec Bermani Ilir = 4 Anak
  8. PAUD Al Fattah Desa Karang Endah Kec Kepahiang = 3 Anak
  9. PAUD Pelita Hati Desa Tebat Laut Kec Seberang Musi = 3 Anak
  10. PAUD At thoriq Kel Padang Lekat Kec Kepahiang = 2 Anak

 

 

Dan jumlah peserta didik program pendidikan kesetaraan tahun pelajaran 2017/2018 yang telah selesai mengikuti USBN dan UNBK berjumlah 81 anak dengan rincian sebagai berikut:

  1. Paket A setara SD = 13 Anak
  2. Paket B setara SMP = 22 Anak
  3. Paket C setara SMA = 46 anak

Pada kesempatan tersebut peserta didik unjuk kebolehan keterampilan membaca doa, bernyanyi, baca puisi, menari dan permainan hola hop. Dan pembagian hadiah bagi siswa siswi paket yang berprestasi yaitu:

Siswa berprestasi program paket A

  1. Suhardi
  2. Tesa Rintang Apriliani
  3. Afrizal

Siswa berprestasi program paket B

  1. Pita
  2. Aditya Pranata
  3. Jesika Meilani

Siswa berprestasi program paket C

  1. Imelda Andriani
  2. Siska Aprianita
  3. Reka Apriani

 

 

Setelah acara resmi berupa pemberian ijazah kepada peserta didik PAUD dan pelepasan siswa kembali kepada orang tua. Maka dilanjutkan dengan makan bersama dengan menu yang beraneka ragam. Sebab setiap orang tua membawa bekal masing masing dari rumah. Cara ini selain ngirit juga menciptakan suasana yang akrab dan menyenangkan, setiap anak dapat berbagi menu kepada siswa yang lainnya. Para pengelola dan gurupun ikut berbaur dalam makan bersama berbeda menu tersebut.

Sebelum pulang, peserta menyempatkan diri menikmati pemandangan danau suro yang indah dan mencoba beberapa jenis permainan air yang di sediakan di arial wisata. Para orang tua/wali beserta anak terlihat kompak dan bahagia bisa berwisata keluarga. Pengelola dan tutorpun tak kalah seru mencoba berbagai jenis permainan yang di sediakan. Suasana haru seusai pelepasan siswa berganti dengan senyum bahagia karena berwisata bersama keluarga. Kepada semua peserta didik PAUD dan program pendidikan kesetaraan yang telah menyelesaikan pendidikannya di az Zahra, kami harap dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Menjaga nama baik lembaga dan terus belajar di manapun berada. Buatlah kami bangga nak !

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eight =