"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

PAUD Bougenville Indah Membatik di Rumah Kreatif Diwo

ZAHRA PUBLISHING. PAUD Bougenville Indah Membatik di Rumah Kreatif Diwo.

Sebanyak 16 siswa PAUD Bougenville Indah menyambangi IKM Rumah Kreatif Batik Diwo yang beralamat di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Selasa, 16/02/2021.

Kedatangan mereka dalam rangka mengikuti paket Edukasi dan wisata batik diwo, anak-anak dikenalkan tentang batik khas kabupaten kepahiang itu dengan pola bermain. Mereka dipandu Umi Yesi dan pengurus rumah kreatif. Paket edukasi yang diberikan ada 4 yakni pengenalan motif-motif Diwo, menjiplak motif, mencanting dan mewarnai.

Pengenalan motif diwo diperagakan Umi Yesi, Ketua PKBM Az zahra Kepahiang dengan gaya khasnya. Beliau menyampaikan bahwa Diwo adalah Raja. Ada 5 motif diwo yaitu Selempang emas, stabik, kembang lima, pucuk rebung dan huruf ka ga nga.

Proses menjiplak motif, mencanting dan mewarnai dibimbing para pengrajin batik yaitu, Tri, Devita, Sri, Yani, Rita dan Nur yang dipandu oleh Umi Sriwanti sebagai pengelola IKM Rumah Kreatif Diwo.

Edukasi ini rutin dilakukan terutama bagi anak usia dini dan pelajar di Kabupaten Kepahiang. Hal ini untuk melestarikan kain kebanggaan Kabupaten Kepahiang ini supaya tidak punah dan ditinggalkan. Diwo memiliki nilai yang tinggi dan menjadi ciri khas Kepahiang. Mari belajar dan mencintai produk sendiri. Batik diwo, batiknya para Raja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =