"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Kemensos Hadir! Terapi Tawa Lansia Ujan Mas

Kepahiang, 11/7/2020. Terapi Tawa Lansia Ujan Mas

 

Penuaan adalah proses alami di mana lansia mengalami perubahan baik fisik, kognitif, psikologis, maupun spiritual. Perubahan psikis pada lansia termasuk gangguan mood atau depresi.

Salah satu perawatan untuk depresi adalah memberikan terapi tawa. Terapi tawa adalah metode terapi menggunakan tawa yang dilakukan dalam kelompok untuk membantu individu mengurangi masalah baik dalam bentuk gangguan fisik dan mental.

Penggunaan terapi tawa itu meningkatkan endorfin atau hormon kebahagiaan, yang memberi perasaan lega dan emosi positif pada individu. Hal itu dikarenakan, bahwa tawa secara alami menghasilkan penghilang rasa sakit dan mengurangi depresi.

Lansia yang beruntung mendapatkan terapi tawa ini adalah lansia yang berada di Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Mereka dihibur oleh Tim Kampung Dongeng dengan maskotnya Aak Kibo boneka tangan yang bisa bicara. Aak Kibo mengajak para lansia senam otak dan terapi tawa melalui cerita dongeng dan sulap. Bertempat di ruang PAUD Gilang Desa Cugung Lalang belasan lansia terhibur hatinya.

Salah satu lansia tak henti-hentinya tertawa bahagia ketika diajak dialog oleh Aak Kibo yang dimainkan dengan apik oleh Kak Lena. Bahkan ada lansia yang mengajak Aak Kibo menyanyi bersama, lagu Bintang Kecil. Rupanya sang nenek sangat menyukai lagu tersebut hingga berulang-ulang minta dinyanyikan.

Setelah bergembira ria bersama boneka tangan Aak Kibo. Semua lansia mendapat perawatan yaitu cek kesehatan oleh Tim Medis Hendri Gunawan, S.Kep. Setelah puas bermain sulap, bernyanyi dan dicek kesehatannya semua lansia pulang diantar pendampingnya Ibu Mardhatillah dan Yopa. Sementara itu Umi Yesi dkk melanjutkan mengunjungi lansia yang sakit dirumahnya masing-masing. Pelaksanaan Perawatan dan terapi ini dimulai pukul 14.00 s.d 18.00 wib

Kegiatan perawatan dan terapi ini adalah bagian dari Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia yang dananya berasal dari Kementerian Sosial melalui BRSLU Budhi Dharma Bekasi dan dilaksanakan oleh LKS LU Az Zahra Kepahiang.

Kemensos hadir…lansia sehat…lansia bahagia. Terimakasih Kemensos!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × two =