"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Kemensos Hadir! Lansia Kabawetan Terapi Kampung Dongeng

200Kepahiang, 11/7/2020. Lansia Kabawetan Terapi Kampung Dongeng

 

 

Kebahagiaan dan keceriaan lanjut usia yang berada di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang  nampak jelas dengan kedatangan Tim Kampung Dongeng yang mengunjungi mereka.

Bertempat di lokasi wisata Mountain Valley Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan beberapa lansia hadir bersama pendampingnya Umi Sri Wanti. Mengenakan masker mereka kumpul sambil bersanda gurau antar sesama.

Sabtu, 11/7/2020, tepat pukul 08.30 wib Umi Yesi Ketua LKS LU Az Zahra Kepahiang hadir bersama Tim Kampung Dongeng yang dipimpin oleh Ibu Efrilena, yang akrab disapa Kak Lena. Setelah menyapa para lansia dan menanyakan kesehatan mereka maka Umi Yesi mempersilahkan tim Kampung Dongeng untuk menghibur para lansia tersebut.

Kak Lena memulai kegiatan dengan doa yang dipimpin oleh Kak Patria, tim dongeng cilik. Lalu bersama Kak Eka mereka memimpin lansia untuk senam bersama. Cuaca dingin dan pemandangan indah wisata mountain valley semakin membuat badan segar dan bugar. Di iringi lagu-lagu tempo doeloe membuat suasana semakin syahdu. Lansia bergembira mengikuti setiap gerakan Kak Lena.

Acara yang paling seru adalah ketika Kak Lena menghibur lansia bersama boneka tangannya yang bernama Aak Kibo. Suasana tawa dan canda lansiapun menjadi semarak karenanya. Aak Kibo mengajak lansia bercakap-cakap, berpesan agar mereka harus selalu gembira di hari tuanya. Kak Lena juga mampu menyihir lansia dengan sulap merubah air keruh menjadi air yang jernih.

Mbah-mbah…hati kita bagaikan air yang kotor ini. Setiap kali marah bertambah kotor air ini. Setiap kali benci bertambah kotor lagi air ini. Dan setiap kali kita tidak bersabar maka air akan semakin keruh dan berbau busuk. Itulah ibarat hati kita yang kotor. Bagaimana cara membersihkannya? Dengan bersabar dan bersyukur. Maka mari kita baca istiqfar dan basmallah sama-sama agar air ini kembali jernih..ujar Kak Lena kemudian mereka sama-sama mengucapkan basmallah dan ajaibnya….air tersebut berubah menjadi putih.

Sulap selanjutnya adalah Kak Lena meminta sumbangan sukarela kepada lansia untuk mengajarkan hikmah bersedekah. Seorang Kakek menyumbang dua ribu rupiah yang dirubah oleh Kak Lena menjadi sepuluh ribu rupiah. Hal ini membuat Kakek terperangah tak menyangka. (Padahal uang tersebut dari Umi Yesi yang disimpan didalam kotak ajaib Kak Lena. Ini rahasia ya)

Selesai senam, mendongeng dan bermain sulap. Maka satu persatu lansia dicek kesehatannya oleh Pak Hendri Gunawan, S.Kep. Tim medis LKS LU Az Zahra Kepahiang. Sementara beberapa lansia yang sulit keluar rumah karena badridden atau strok maka dikunjungi ke rumahnya satu persatu.

Alhamdulillah dari pukul 08.30 s.d 13.00 wib kegiatan perawatan dan terapi lansia bersama Kampung Dongeng berjalan dengan lancar dan ceria. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia yang dananya berasal dari Kementerian Sosial melalui BRSLU Budhi Dharma Bekasi dan dilaksanakan oleh LKS LU Az Zahra Kepahiang.

Kemensos hadir…lansia sehat…lansia bahagia. Terimakasih Kemensos!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 12 =