"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Edukasi Budaya Daerah _ Kenalkan Batik Diwo Kepahiang

Zahrapublishing. Edukasi Budaya Daerah, Kenalkan Batik Diwo Kepahiang 

Batik Diwo adalah batik khas masyarakat Kabupaten Kepahiang yang memiliki motif penuh doa dan harapan untuk kemajuan daerah Kepahiang.

Doa-doa kebaikan tersebut tersemat dalam motif Selempang Emas yang bermakna Keagungan. Motif Stabik adalah salam penghormatan yang bermakna kesantunan yang dimiliki masyarakat Kepahiang.

Motif Kembang Lima memiliki arti empat penjuru angin satu tujuan, ini melambangkan keanekaragaman masyarakat yang tinggal di Kepahiang dengan berbagai suku pendatang dan suku Rejang sebagai suku asli. Namun berbagai suku tersebut dapat bersatu dan hidup harmonis dalam kesehariannya.

Motif pucuk rebung adalah harapan bagi kabupaten Kepahiang agar terus bertumbuh dan berkembang sesuai tuntutan zaman. Hal ini selaras dengan visi misi kabupaten Kepahiang yang maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing.

Selanjutnya adalah motif kaganga, merupakan aksara rikung yang menjadi aksara lokal daerah yang perlu di lestarikan keberadaannya.

Saat ini sudah banyak pengrajin batik Diwo yang mengembangkan motif tambahan berupa biji kopi dan lada yang merupakan matapencaharian utama masyarakat Kepahiang.

Untuk memperkenalkan aneka motif dan melestarikan batik ini maka Yayasan Az Zahra Kepahiang melalui IKM Umeak Kain Diwo membuka ruang Edukasi budaya daerah batik Diwo Kepahiang.

Untuk berkunjung dan belajar membatik dibuka setiap hari Jum’at dan Sabtu dari jam 08.00 wib – 14.00 wib.

Masyarakat umum atau pelajar dapat praktek langsung dengan memberikan donasi sebesar Rp 25.000,- untuk alat dan bahan batik yang digunakan. Hasil praktek membatik dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Nah, ayo kita mengenali batik Diwo dengan aneka motif dan artinya. Sekaligus merasakan sensasi mencanting dengan malam.

Info lebih lanjut dapat menghubungi Umi Ernawati +62 857-5830-3672.

Alamat lengkapnya di Jln. Pengabdian. Gang Az Zahra. Kelurahan Padang Lekat. Kecamatan Kepahiang. Kabupaten Kepahiang. Provinsi Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =