"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Profil Tutor: Efi Kaswanti

Tahun 2015 PKBM az Zahra Kepahiang di minta ikut berkontribusi dalam kegiatan Pengurangan Pekerja Anak guna menunjang Program Keluarga Harapan (PPA PKH). Yang di selenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepahiang. Program ini menambah jumlah peserta didik kesetaraan yang belajar di az Zahra, oleh karena itu maka kami merekrut tenaga tutor tambahan, salah satunya adalah umi efi. Dengan biodata lengkap sebagai berikut:

Nama: Efi Kaswanti Br Saragih, S.Pd

Tempat, Tanggal Lahir: Lubuk Pakam, 27 September 1990

Riwayat Pendidikan:

  1. SDN 105402 Sibunga-bunga, Kab Deli Serdang
  2. SMP 17 Agustus Kab Deli Serdang
  3. SMAN 1 Bangun Purba
  4. S1 Universitas Islam Sumatera Utara

Sebelum bergabung di az zahra, isteri dari pendamping PKH Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Abdul Mukmin Barus, SE ini pernah mengajar di SMKN 2 Weskust. Namun karena kontraknya belum di perpanjang maka beliau mengajukan diri untuk mengabdi sebagai tutor di az Zahra. Umi efi adalah tutor yang spesial bagi siswa paket A. Karena kesabaran dan sikap keibuannya mampu membimbing anak anak paket A yang masih buta huruf sehingga melek aksara.

Menurut umi efi: “selama saya menjadi tutor di az Zahra memiliki kesan pribadi, baik secara sosial maupun emosional. Secara pribadi, saya merasa bangga bisa mengajar anak anak yang memiliki semangat belajar tinggi tanpa melihat usia. Suatu kebanggaan bagi saya bila saya bisa tetap mengajar dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan mereka”.

Hobby pergi jalan jalan bersama suami dan puteri kecilnya yang manis, membuat keluarga ini harmonis dan kompak. Hal ini juga menjadi alasan ketua Yayasan meminta beliau menjadi Pengelola di PAUD At thoriq, mengantikan pengelola sebelumnya yang pindah tugas karena ikut suaminya. Alhamdulillah….di bawah kepemimpinan beliau, PAUD at thoriq berhasil terakreditasi dengan nilai akreditasi B.

Harapan kedepan, bisa menjadi tutor yang lebih professional dalam mendidik karena mengajar di PKBM memiliki tantangan sendiri dalam menciptakan rencana dan media mengajar untuk mendekatkan diri dengan mereka. Dengan memahami apa yang mereka inginkan dan menjadi teman dapat meningkatkan minat belajar, bersilahturahmi dan sangat menyenangkan.

Saya juga berharap peserta didik dari PKBM tidak di bedakan dari peserta didik dari sekolah formal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 11 =