"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

LOMPEK KODOK, Menghidupkan Kembali Permainan Rakyat

Ingat permainan masa kecil yang disebut lompek kodok atau lompat katak? Ternyata permainan yang membuat gembira ini berguna juga hingga dewasa. Untuk itu dalam rangka memeriahkan HUT Yayasan Az Zahra Kepahiang mengadakan lomba permainan rakyat pada hari Minggu, 3 Maret 2024 di TKIT Bougenville Indah. Dan pemenang lomba lompek kodok adalah:

  1. Resi dari PAUD Pandan Wangi
  2. Kartini dari PAUD Asyifa
  3. Nana dari TPA Almeera Day Care
  4. Vera dari TPA Almeera Day Care

Permainan loncat kodok adalah meloncat seperti katak dengan tumpuan kedua kaki dengan posisi badan tegak dan tangan tidak menyentuh di lantai. Tujuan loncat katak adalah menumpu, membawa titik badan melayang diudara dan menumpu dengan dua kaki untuk mencapai loncatan yang sejauh-jauhnya.

Lompek kodok merupakan salah satu jenis olahraga dengan gerakan melompat. Lompat kodok baik bagi kesehatan tubuh, secara rinci beberapa manfaat dari lompat katak yaitu:

  1. Meningkatkan kekuatan – Lompat katak yang dilakukan berulang dapat meningkatkan kekuatan otot. Kebiasaan melompat dapat meningkatkan standar kekuatan yang dimiliki.
  2. Meningkatkan daya tahan – Saat tubuh kuat maka daya tahan juga akan ikut meningkat.
  3. Meningkatkan kelincahan – Gerakan melompat membutuhkan kelincahan apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang. Jika rutin melakukan gerakan lompat katak ini maka kelincahan tubuh juga akan ikut meningkat karena terbiasa.
  4. Meningkatkan kecepatan – Gerakan lompat katak membutuhkan kecepatan untuk melompat apalagi jika dilakukan secara bersama-sama atau dimodifikasi menjadi permainan.
  5. Meningkatkan ketangkasan – Ketangkasan juga dapat terasah dengan melakukan permainan lompat katak.
  6. Olahraga fisik juga berpengaruh pada kesehatan mental – Olahraga seperti lompat katak dapat dimodifikasi sehingga menjadi permainan yang membutuhkan kerja sama antara satu anak dengan lainnya. Meningkatkan kesehatan mental seperti rasa percaya diri, rasa keberanian, kebersamaan, disiplin dan lain-lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =