"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Labsite Pengelolaan Pendidikan Nonformal Berbasis Digital

Kepahiang/25/10/2018. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Bengkulu melaksanakan kegiatan labsite Pengelolaan Pendidikan Nonformal Berbasis Digital di PKBM Az Zahra Kepahiang, Kamis, 25 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Dr. Hartono, S.Pd, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Neti Herlina, S.Sos Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Kepahiang, Lonnys Suryanto, M.Pd Pamong BP PAUD dan Dikmas Bengkulu dan peserta kegiatan adalah Pengelola dan Operator PKBM/SPNF/LKP se Kabupaten Kepahiang berjumlah 40 orang.

Umi Yesi, sapaan akrab ketua PKBM Az Zahra Kepahiang melaporkan bahwa kegiatan labsite ini di latar belakangi adanya kebutuhan para pengelola dan operator pendidikan nonformal (terutama PKBM dan LKP) akan informasi pengelolaan berbasis digital. Zaman semakin canggih, perubahan pengelolaan semakin meningkat. Semua serba cepat melalui metode yang canggih dan online. Mulai dari di terapkannya dapodikmas, ujian nasional berbasis komputer (UNBK), E-Proposal hingga pembelajaran online (daring). Hal ini membuat beberapa lembaga pendidikan nonformal mati suri karena tidak mampu mengakses informasi yang serba online tersebut. Alasannya SDM dan sarana prasarana penunjang tidak ada atau belum memadai. Namun mau tidak mau, suka atau tidak suka, lembaga tetap harus menerima kenyataan yang ada, pengelolaan berbasis digital. Jika tidak, lembaga akan terlambat dan tertinggal jauh. Untuk itulah maka kegiatan hari ini adalah mensosialisasikan dapodik online oleh Febri Jaya Pamungkas, S.Pd Operator Kabupaten Kepahiang, dan praktek membuat formulir pendaftaran peserta didik online oleh Kms Fahrudin, S.Pd tim IT di PKBM Az Zahra Kepahiang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang mengucapkan apresiasi kepada PKBM az Zahra Kepahiang yang telah di percaya melaksanakan kegiatan labsite BP PAUD dan Dikmas Bengkulu. Beliau berpesan kepada peserta yang hadir agar optimis dan tidak putus asa dengan adanya pengelolaan pendidikan nonformal berbasis digital di era globalisasi ini. Karena ini adalah tuntutan zaman yang harus di sikapi dengan bijak. Semua bisa di pelajari dan diterapkan selama kita mau belajar dan mau melaksanakan dengan sungguh sungguh.

“Untuk menyikapi perkembangan ilmu teknologi dalam pengelolaan pendidikan nonformal maka pengelola PKBM dan LKP di Kepahiang ini harus saling membantu, saling berbagi ilmu, saling bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik. Dengan demikian kalian akan menjadi besar dan kuat karena saling percaya dan bisa di andalkan. Jadilah seperti kumpulan lidi yang menyatu dan terikat sehingga mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Saya salut dan bangga dengan bapak/ibu sekalian, karena tidak semua orang mampu melaksanakan pekerjaan seperti ini. Mengurusi orang miskin, anak putus sekolah dan anak bermasalah. Itu pekerjaan yang luar biasa dan mulia”.

Lonnys Suryanto, M.Pd yang datang sebagai narasumber dan mewakili bu Sa’adah Ridwan, M.Pd Kepala BP PAUD dan Dikmas Bengkulu menyampaikan bahwa Kabupaten Kepahiang di pilih sebagai lokasi labsite tahun ini karena penilaian mereka Kabupaten ini sangat aktif dan banyak kegiatan yang dapat di unggulkan. ”Kami senang karena kepala bidang PAUD dan PNF nya selalu merespon dengan cepat setiap ada kegiatan, dan lembaga PKBM/LKP selalu siap menyampaikan data data yang di minta. Pokoknya Kepahiang ini jempolan deh”.

Peserta sangat antusias dan termotivasi dengan adanya kegiatan ini. Merekapun serius mengikuti materi dari awal hingga selesai. Dapat dilihat dari chanel youtube ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − two =