"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Kemensos Hadir! Perawatan dan Terapi Lansia Muara Kemumu dan Bermani ilir.

Kepahiang, 4/7/2020. Perawatan dan Terapi Lansia Muara Kemumu dan Bermani ilir.

 

Hari ini, sesuai jadwal pukul 08.00 wib, Umi Yesi datang berkunjung bersama tim medis ke Kecamatan Muara Kemumu dan Bermani Ilir. Maksud kunjungan adalah memastikan kondisi lansia binaan sehat jasmani dan rohaninya. Dibantu dengan Pak Hendri Gunawan, S.Kep, Tenaga medis yang setiap tahun rutin mengecek kondisi kesehatan lansia di Yayasan Az zahra Kepahiang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Rehabilitasi Lanjut Usia tahun 2020 yaitu perawatan sosial lanjut usia. Perawatan secara medis dan terapi. Untuk terapi spiritual disampaikan oleh Pak Kms Fahrudin, S.Pd yang merupakan alumni STAIN Curup dan juga menjabat sebagai Sekretaris di Yayasan Az zahra Kepahiang. Beliau menyampaikan bahwa umur Rasulullah dulu hanya sampai 63 tahun, lalu wafat. Jika sekarang bapak/ibu diberi umur panjang melebihi umur rasulullah, berarti Allah telah memberikan bonus untuk hidup di dunia. Maka manfaatkanlah sisa umur tersebut untuk semakin dekat kepada Allah SWT dengan memperbanyak amal ibadah setiap harinya.

Sambil mengecek kondisi kesehatan lansia, Pak Hendri memberikan penyuluhan tentang hidup sehat dimasa tua dan memberi motivasi yang membuat peserta bersemangat mendengarnya. apalagi diselingi dengan joke-joke yang menghibur, membuat lansia tersenyum dan tertawa bahagia.

Lokasi pertama yang kami kunjungi hari ini yaitu Desa Batu Bandung Kecamatan Muara Kemumu dengan jumlah lansia binaan 5 orang dan didampingi oleh Ibu Reti, Linda dan Wika. Lokasi kedua adalah Desa Cinta Mandi Baru Kecamatan Bermani Ilir dengan jumlah lansia 6 orang dan didampingi oleh Pak Tandai. Lokasi ketiga di Desa Limbur Lama Kecamatan Bermani Ilir ada 4 lansia binaan dengan pendamping Ibu Ida. Dan lokasi keempat adalah Desa Kembang Seri sebanyak 6 lansia yang didampingi Ibu Desna.

Para pendamping lansia ini adalah ujung tombak keberhasilan progres LU. Mereka adalah relawan yang dari awal membantu lanjut usia agar kebutuhannya terpenuhi. Mereka mendampingi lansia ini dengan sepenuh hati. Dan..alhamdulillah…berkat kesiapsiagaan para pendamping maka lansia kami terlihat sehat dan bahagia. Suasana berkumpul mendengarkan terapi spiritual dan penyuluhan kesehatanpun terasa hangat dan menyenangkan.

Sementara itu, ada beberapa lansia yang tidak bisa bergabung bersama lansia yang lain karena bedridden akibat sakit yang mereka derita. Untuk itu kami berkunjung langsung ke rumah lansia tersebut. Bahkan Nek Maina, lansia Desa Kembang Seri tak kuasa menahan air mata ketika kami menemuinya yang sedang terbaring tak berdaya. “Umi…terimakasih ya” ucapnya. Kamipun larut dalam suasana itu, ikut terharu.

Pukul 17.00 wib, kunjungan kami usai. Hati kami penuh dengan rasa syukur yang membuncah. Bersyukur karena lansia binaan kami sehat dan ceria. Alhamdulillah..

Dokumentasi perjalanan perawatan lansia di Kecamatan Muara Kemumu dan Bermani Ilir dapat di lihat chanel youtube di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − 2 =