"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

BIMTEK PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KELUARGA DI KABUPATEN KEPAHIANG

Kepahiang, 2/08/2019. BIMTEK PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KELUARGA DI KABUPATEN KEPAHIANG

Kabupaten Kepahiang menjadi salah satu Kabupaten Penyelenggara Pendidikan Keluarga tahun 2019 dari 70 Kab/kota yang diamanahkan oleh Direktorat Pedidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas. Hal ini disampaikan oleh Bapak Edy, S.S.M.Pd Kasi Evaluasi Subdit Prasarana dan Evaluasi Direktorat Pedidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas pada saat Bimtek Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Kepahiang yang diselenggarakan pada 30 Juli s.d 2 Agustus 2019 di Golden Rich 88 Hotel, Jl. Iskandar Ong No.100 Curup. Rejang Lebong.

Menurut beliau tujuan Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan antara lain:

  • Meningkatkan Kepedulian Dan Tanggung Jawab Penyelenggaraan Pendidikan
  • Mendorong Penguatan Pendidikan Karakter Anak;
  • Meningkatkan Kepedulian Keluarga Meningkat;
  • Membangun Sinergitas Trimitra;
  • Mewujudkan Lingkungan Satuan Pendidikan Yang Aman, Nyaman, Dan Menyenangkan

 

Bimtek Pendidikan Keluarga di Kabupaten Kepahiang ini diketua Netti Herlina, S.Sos Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF dan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan dipandu oleh moderator Nyimas Maisyarah, S.Pd. Aud dan  Eka Wahyu A, S.Pd sebagai Fasilitator Pusat. Pemateri dan Narasumber merupakan Fasilitator Kabupaten dan dari BP PAUD dan Dikmas Bengkulu. Peserta berjumlah 50 orang adalah Kepala Sekolah PAUD, SD,SMP, PKBM, SKB, Pengawas SD dan SMP, Penilik PAUD dan PKBM serta perwakilan wali murid.

Fasilitator Elfi Adriyani, M.Pd menyampaikan materi tentang Pengelolaan Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan; Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat, dan materi Dukungan Psikologis Awal bagi anak (DPA).

Fasilitator Netti Herawati, M.Pd memaparkan materi berjudul Pembiasaan Baik Keluarga; Pertemuan Wali Kelas dengan Orangtua dan materi Kelas Orangtua.

 

Dan Yasmisona, S.Pd menyampaikan materi tentang Keterlibatan Keluarga di Satuan Pendidikan; Kelas Inspirasi dan Pameran Karya Siswa dan Pentas Kelas Akhir tahun.

Narasumber dari BP PAUD dan Dikmas Bengkulu yaitu Bapak Murhin, M.Pd menyampaikan materi Pendidikan Keluarga pada 1000 hari pertama kehidupan (penurunan stunting); Ibu Nyimas Masrita, M.Pd menyampaikan materi Mendidik Anak di Era Digital dan Ibu Ir. Yeny Setyati, M.Pd. menyampaikan materi tentang Pengasuhan Positif.

Diakhir kegiatan terpilih 5 orang peserta terbaik yang aktif dan menginspirasi dalam kelompoknya masing-masing. Mereka adalah:

  1. Helmiyesi, M.Si (PKBM Az Zahra Kepahiang)
  2. Betty Harwani, S.Pd.Aud (Pengawas TK)
  3. Abdul Halim, M.Pd (SMPN 2 Kepahiang)
  4. Julyadi, S.Pd (SDN 08 Kepahiang)
  5. Umi Kalsum, S.Pd (PAUD Tadika Puri)
  6. Pemenang yel yel terbaik adalah kelompok PAUD II yang dipimpin Ibu Mulyanti, S.Pd

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 4 =