"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Asyik Bermain Ular Tangga, Menghidupkan Kembali Permainan Rakyat

3 Maret 2024

Dalam rangka memeriahkan HUT Yayasan Az Zahra Kepahiang ke-21 mengusung tema MENGHIDUPKAN KEMBALI PERMAINAN RAKYAT. Mereka melaksanakan aneka lomba permainan rakyat yang bertempat di PAUD IT Bougenville Indah Desa Sidorejo Kec Kabawetan.

Juara lomba ular tangga:

Juara 1 : Helda dari TPA Almeera Day Care

Juara 2 : Nur dari TKIT Bougenville Indah

Juara 3 : Kartini dari PAUD Asyifa

Juara 4 : Linda dari TKIT Bougenville Indah

Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah “tangga” atau “ular” yang menghubungkannya dengan kotak lain.

Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya kotak di sudut kiri bawah) dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul. Bila pemain mendarat di ujung bawah sebuah tangga, mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain. Bila mendarat di kotak dengan ular, mereka harus turun ke kotak di ujung bawah ular. Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.

Biasanya bila seorang pemain mendapatkan angka 6 dari dadu, mereka mendapat giliran sekali lagi. Bila tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari permainan ular tangga. Pertama, membantu menumbuhkan perkembangan bahasa anak. Komunikasi sederhana akan terjadi dalam kegiatan permainan ini. Interaksi antar pemain akan terjadi dengan sendirinya dengan ungkapan bahasa verbal sehingga dialog atau komunikasi sederhana bisa dibangun.

Kedua, melatih dan menumbuhkan kemampuan sosial emosional. Permainan ini melatih kesabaran anak dalam menunggu giliran dan mengasah kemampuan dalam bersosialisasi dengan teman-teman.

Ketiga, melatih kemampuan berpikir. Perkembangan kognisi akan tumbuh dan anak dilatih dapat menyelesaikan permasalahan sederhana.

Keempat, menambah kemampuan mengenal angka dan matematika sederhana. Permainan  ular tangga merupakan permainan yang didominasi angka dan gambar-gambar.

Kelima, melatih kemampuan dalam mengenal bentuk dan warna, seperti segitiga, lingkaran dan segiempat.

Dengan kelima manfaat tersebut, maka bermain ular tangga bisa menjadi salah satu kegiatan bermain yang diperkenalkan ke anak-anak kita sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − five =