"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Workshop Pembuatan Modul Pembelajaran Kesetaraan SPNF SKB Lebong

Lebong, 29/12/2018. Dalam rangka peningkatan kapasitas tutor dan penyelenggara pendidikan masyarakat maka Satuan Pendidikan Nonformal SKB Lebong melaksanakan workshop Pembuatan Modul Pembelajaran Kesetaraan Tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan tanggal 28-29 Desember 2018 bertempat di Hotel Asri Kel. Kampung Jawa, Lebong.

Acara dibuka oleh Bapak Andri Darmawan, S.Pd Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong. Dalam arahannya beliau memberi apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif Kepala SPNF SKB Lebong yang telah mengagas kegiatan peningkatan kapasitas seperti ini. Ini kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh satuan pendidikan nonformal di Lebong yang bertempat di Hotel. Hal ini menunjukkan bahwa Satuan ini eksis dan nyata aktifitasnya dalam pengelolaan pendidikan masyarakat. Saya bangga dan berharap kegiatan serupa dapat dilakukan oleh satuan pendidikan nonformal lainnya.

Ibu Maryani, S.Pd Kepala SPNF SKB Lebong melaporkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas tutor bantu yang mengabdi di SPNF dan juga relawan yang menjadi tutor di Desa Topos, salah satu Desa binaan yang berada di daerah terisolir dan tertinggal di Kabupaten Lebong.

Materi-materi yang disampaikan antara lain Sosialisasi Kurikulum 2013 dan Pembuatan Modul Kesetaraan yang disampaikan oleh Bapak Irawan, S.Pd. Beliau adalah Tutor Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2018 dan trainer yang telah mengikuti TOT pelatih kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh Direktorat Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas.

Selanjutnya materi pembuatan soal evaluasi pembelajaran berbasis digital dan pembuatan raport digital disampaikan oleh Kms Fahrudin, S.Pd. Beliau adalah Tim Teknis dan Operator di PKBM Az Zahra Kepahiang. Alumni ngandroid ala PKBM di Bandung, Jawa Barat yang dilaksanakan oleh Tim 7kata publishing.

Para tutor sangat antusias mengikuti workshop. Mereka saling membantu dalam pembuatan modul dan memilih tema-tema pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Harapannya setelah kegiatan ini proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan berjalan dengan maksimal.

Tutor siap

Kesetaraan oke

SPNF SKB luar biasa

Lebong Maju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − nine =