"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Sabusabu#8: Menulis itu Mudah

Zahra publishing. Menulis itu mudah karena menulis adalah bercerita

Umi Yesi, penulis buku Hamari Adhuri Kahani berbagi tips menulis itu mudah dalam kegiatan sabusabu kolaborasi TBM Pelita Bangsa dan TBM Cahaya.

Kegiatan yang dibuka oleh anggota dewan DPR RI Komisi X, Ibu Dewi Coryati, M.Si berlangsung di hotel Pinus Kota Bengkulu.

Satu persatu tips menulis semudah bercerita Ia uraikan dengan semangat. Peserta seolah terhipnotis dengan uraian dan ceritanya. Rasa penasaranpun semakin tinggi ketika Umi Yesi menampilkan buku-buku hasil karya kelas menulis sabusabu sebelumnya.

“Kosongkan gelas, buat folder baru di alam bawah sadar anda. Buat judul folder tersebut menulis itu MUDAH karena menulis adalah BERCERITA,” pesan beliau kepada peserta sabusabu angkatan 8 yang berprofesi sebagai tutor dan pegiat pendidikan nonformal di kota Bengkulu.

Tak terasa tiga jam berlalu dengan cepat. Peserta tetap semangat mengikuti materi, bahkan saat praktek menulis satu lembar halaman dalam waktu 10 menit. Suasana menjadi hening seketika, semua serius mempraktekkan 4 rahasia menulis yang Umi sampaikan. Hingga waktu habis peserta tetap tak berhenti menulis, seolah mereka kecanduan dan merasakan nikmatnya menulis tersebut.

Ada orang yang bersedia membacakan tulisannya yakni Ibu Rahma, Sherly dan Oman. Dan sebagai bentuk apresiasi, Umi menghadiahkan buku Berdamai dengan Colossal Titan karya alumni kelas sabusabu angkatan 7.

Di akhir kegiatan, seperti biasanya, Umi memberikan pekerjaan rumah kepada peserta sabusabu angkatan 8.

PR nya adalah menulis dengan cara diketik dengan ketentuan ukuran kertas A4, tipe tulisan new roman, font 12 dan spasi 1.5. Tema tulisan adalah SISWA BARU atau MITOS DI BENGKULU.

Dalam waktu 5 hari peserta wajib menyetor tulisan tersebut ke Umi,  minimal 5 halaman.

Apakah mereka mampu membuat PR menulis ini?

Kita tunggu yaaaaa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − fifteen =