"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

PKH-P: Teknik Potong Rambut Anak Laki-laki

Kepahiang, 31/5/2019. Saat ini bisnis barbershop (potong rambut) merupakan salah satu bisnis yang tengah berkembang pesat dan memiliki prospek bisnis yang bagus. Bisnis ini meskipun terlihat sederhana, ternyata memiliki keuntungan yang lumayan. Selama ada orang yang mau dipangkas rambutnya, selama itu pula bisnis pangkas rambut mengalirkan pundi-pundi rupiah. Oleh karena itu Program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) yang dilaksanakan oleh PKBM Az Zahra Kepahiang memilih bidang vokasi potong rambut level dasar.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 27 April dan akan berakhir 27 Juni 2019. Sebelumnya telah dipraktikkan cara memotong rambut perempuan, dengan narasumber Ibu Laili Suryani, S.Pd dan Ibu Rosmala Dewi. Ada 4 jenis model rambut yang diajarkan yaitu model petak (rata), model Oval, Model Bob dan Model Segi.

  

Hari ini, giliran pak Suryanto, S.IP yang mengajarkan teknik potong rambut anak laki-laki. Bertempat di PAUD Bougenville Indah Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, sebanyak 30 peserta didik PKH-P antusias mengikuti dan mempraktikkan cara memotong rambut tersebut.

 

Menurut P Suryanto, memotong rambut anak laki-laki itu mudah dan tentunya lebih murah dibanding pergi ke salon setiap bulan. Ada beberapa metode berbeda yang dapat  digunakan untuk memotong rambut, tergantung gaya yang diinginkan anak itu dan tekstur serta panjang rambutnya. Pemotongan rambut anak laki-laki umumnya menggunakan pencukur listrik pada bagian samping kepala, dilanjutkan dengan menggunakan gunting pada bagian atas kepala. Tetapi, ada berbagai cara untuk memotong rambut anak laki-laki, tergantung gaya dan tekstur rambut mereka.

 

Teknik memotong rambut anak laki-laki mengunakan gunting dapat dibaca dari https://id.wikihow.com yakni sebagai berikut:

  1. Tentukan seberapa banyak rambut yang ingin Anda potong dari kepala anak. Sebaiknya Anda mulai dengan jumlah sedikit dahulu. Anda selalu dapat memotong lebih banyak jika merasa rambut masih terlalu panjang. Sebagai permulaan, Anda dapat memotong tidak lebih dari setengah sentimeter, kecuali rambut anak itu cukup panjang. Ketika menggunakan gunting, sebaiknya jangan terburu-buru dan jangan memotong terlalu banyak dengan cepat. Pastikan rambut dalam keadaan kering saat Anda memotongnya. Memotong rambut basah lebih sulit, sedangkan memotong rambut kering akan memastikan bahwa Anda tahu dengan pasti seperti apa hasilnya ketika memotongnya
  2. Tentukan panduan dalam memotong. Potongan ini menentukan panjang rambut yang Anda inginkan untuk rambut lainnya. Sisirlah bagian depan rambut anak ke arah belakang dengan menggunakan sisir, yang kira-kira cukup untuk dipegang di antara dua jari, lalu pindahkan rambut itu di antara jari telunjuk dan jari tengah pada tangan kiri (jika Anda tidak kidal)
  3. Potong rambut secara lurus, paralel dengan jari-jari Anda. Usahakan potongannya rata, tetapi Anda selalu dapat melakukannya lagi dan merapikan potongan rambut yang tidak rata. Dengan demikian, rambut paling depan menjadi agak lebih pendek dibanding rambut lainnya.
  4. Tarik ke belakang bagian rambut yang terletak tepat di belakang rambut depan.Gunakan sedikit panduan untuk menentukan seberapa banyak rambut yang ingin Anda potong. Lanjutkan proses ini, dengan melakukannya ke belakang menuju bagian belakang kepala. Gunakan selalu potongan sebelumnya yang baru saja Anda lakukan untuk memandu Anda.Seharusnya Anda dapat melakukannya hingga ke bagian belakang kepala dengan cara ini. Jika Anda juga memotong dengan menggunakan gunting pada bagian samping, gunakan cara yang sama seperti ini. Mulailah dari depan dan lanjutkan ke belakang, dengan menggunakan potongan pemandu. Tetapi, jika Anda lebih suka membuat potongan pemandu di belakang, Anda juga dapat memulai dari belakang dan secara bertahap maju ke depan. Gunakan selalu sedikit potongan yang baru saja Anda lakukan agar tahu berapa banyak potongan yang harus Anda lakukan
  5. Potong rambut di sekitar telinga. Lipat telinga kanan ke bawah (atau mintalah dia untuk melakukannya) ketika memotong di sekitar telinga, seolah Anda sedang membuat jiplakan. Ulangi untuk bagian kiri. Ini adalah cara alternatif selain menggunakan pencukur.

Kegiatan berjalan lancar, dan akan dilanjutkan pendampingan kepada peserta agar lebih menguasai teknik dan teori potong rambut level dasar, baik untuk model perempuan maupun model laki-laki.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =