"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Penyaluran Bansos Progres LU tahun 2020 di LKS LU Az zahra Kepahiang

Kepahiang, 4/5/2020. Penyaluran Bansos Progres LU tahun 2020

Mulai tahun 2020, Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) New Platform/New Passion merupakan upaya Kementerian Sosial RI dalam peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia. PROGRES LU dilakukan secara komprehensif melalui 4 (empat) komponen, yaitu Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (BANTU LU), Perawatan Sosial, Terapi, dan Dukungan Keluarga. Sesuai dengan perubahan paradigma, Balai Rehabilitasi Sosial (BRSLU) Budhi Dharma memperoleh tugas melaksanakan penyaluran bantuan PROGRES LU kepada lanjut usia di 16 wilayah binaannya, salah satunya adalah Provinsi Bengkulu.

Jumlah bantuan perlansia sebesar Rp.2.700.000,- (Dua juta tujuh ratus ribu rupiah) untuk maksimal 6 bulan. Rincian dana tersebut akan digunakan sebesar 1.5 juta untuk bantu lanjut usia, sebesar 500 ribu untuk dukungan keluarga yang merawat lansia dan sebesar 700 ribu untuk biaya perawatan dan terapi lansia yang akan dilaksanakan oleh LKS LU.

Kegiatan awal penyaluran bantuan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang yang diwakili oleh Kabid Rehabilitasi Sosial Tedi Haryanto Sosiawan, S.Hut dan Supriyanto Kasi Dinsos dan beberapa staf Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang.

Dalam kesempatan tersebut Pak Tedi menyampaikan bahwa keutamaan mengurus lansia adalah mendapatkan surga dan seisinya. Beliau mengapresiasi usaha LKS dan pendamping lansia yang melayani dan mengurus lansia sepenuh hati. Semoga adanya bantuan ini akan membawa manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia di Kabupaten Kepahiang, pesannya.

Umi Yesi, Ketua LKS menyampaikan bahwa dari 250 lansia binaan LKS Az zahra Kepahiang yang diusulkan dalam proposal, Kabupaten Kepahiang mendapat kuota 100 lansia dengan kriteria umur diatas 60 tahun, lansia potensial/nonpotensial, memiliki NIK dan ID BDT serta tidak menerima bantuan PKH.

Jumlah lansia tersebut masing-masing Kecamatan berbeda-beda dengan rincian Kecamatan Tebat Karai 17 lansia, Bermani ilir 16 lansia, Seberang Musi 4 lansia, Kabawetan 15 lansia, Kepahiang 28 lansia, Ujan Mas 15 lansia dan Muara Kemumu 5 lansia. Dana bantuan sebesar 2,7 juta akan disalurkan selama 4 tahab yaitu bulan Mei s.d Agustus 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + one =