"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Menulis itu Mudah Semudah Orang Bercerita…(Order Yuk)

Kami (mungkin) belum menjadi penulis yang hebat. Kami juga (belum) menjadi penulis yang terkenal. Bukupun baru beberapa yang diterbitkan. Belum banyak yang membaca dan berminat membelinya. Namun, kami mempunyai mimpi. Mimpi yang besar, yaitu mengajak orang lain untuk ikut menulis.

Kami berpikir bahwa mengajak orang lain untuk gemar membaca harus dimulai dengan menulis. Sebab jika sudah pandai menulis, otomatis mereka akan mahir membaca. Minimal mereka akan membaca hasil tulisannya sendiri.

Maka, bismillah tim Az Zahra berembuk dan membuat ide brilian dengan membuka kelas menulis fiksi Sabusabu. Apa Sabusabu? Itu adalah istilah dan doa kami yang merupakan singkatan dari Satu Bulan Satu Buku. Harapannya semua alumni kelas menulis mampu membuat karya setiap bulannya. Baik karya bersama maupun karya pribadi, buku sendiri. Sabusabu adalah candu. Ketika mereka berhasil membuat satu naskah maka akan lahirlah naskah-naskah lainnya.

Di kelas menulis fiksi Sabusabu mainset peserta dirubah. Menulis itu mudah semudah orang bercerita! Kami memberikan beberapa tips agar dapat menulis semudah bercerita.

Tips pertama, ketika hendak bercerita apakah kita kesulitan diawal pembicaraan? Tentu saja tidak karena orang bercerita sudah memiliki bahan atau informasi yang hendak di sampaikan. Nah, ketika kita hendak menulis seharusnya tidak kesulitan dengan kalimat awal yang hendak ditulis. Karena bahan yang ingin kita tulis sudah ada di sekitar kita. Kita hanya memindahkan informasi dari otak ke mulut ketika bercerita dengan dari otak ke tangan dalam bentuk tulisan. Gampang kan?

Tips kedua, saat bercerita pastilah ada lawan bicara. Karena tidak mungkin kita bicara sendirian bukan? Itu artinya dalam menulis ada tokoh yang ditampilkan. Ada percakapan selayaknya orang yang mendengar cerita pasti akan ikut bertanya atau menyanggah isi cerita. Nah, tampilkan tokoh-tokoh dan dialog tersebut di dalam tulisan kita. Mudah bukan?

Tips ketiga, orang gemar bercerita tentang masalah atau kejadian yang luar biasa. Terkadang disertai dengan intonasi dan mimik muka yang menunjang isi cerita. Begitupun dengan tulisan, ada masalah atau persoalan yang menarik untuk kita sampaikan dalam tulisan. Bisa berupa curhatan, ide membangun, data ilmiah atau persoalan lainnya. Agar tulisan menjadi menarik, maka perlu diberi narasi yang jelas. Informasi adalah fakta, bukan hasil mengkhayal. Penulis yang baik akan sering membaca tulisan orang lain pula. Sebagai referensi dan tambahan informasi terkait hal yang sedang dituliskan. Maka penulis adalah orang yang kaya akan bahasa dan ilmu pengetahuan lainnya.

Tips keempat, biasanya setelah selesai bercerita akan ada klarifikasi atau solusi. Nah, tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat menggugah orang lain untuk berubah. Memberi inspirasi dan memotivasi orang lain. Tulisan yang menimbulkan kesan mendalam pada pembacanya.

Nah, empat tips ini mampu diterapkan dengan baik oleh peserta kelas menulis. Dalam waktu 3 x 24 jam semua peserta telah berhasil membuat naskahnya masing-masing. Hal ini diluar dugaan, sebab kesepakatan awal peserta diberi waktu satu minggu untuk mengerjakan PR menulisnya. Rupanya waktu seminggu terlalu lama bagi mereka. Mereka sudah kecanduan menulis, bercerita hal-hal menarik disekitarnya. Maka, dengan bangga kami persembahkan karya alumni kelas menulis fiksi Sabusabu berikut ini. Selamat membaca, selamat menikmati. ORDER/Pemesanan Lewat WA: 0852-6788-7453

Daftar buku-buku yang ditawarkan:

No Judul Penulis Kategori Jumlah Halaman Harga (Rp)
1 Hamari Adhuri Kahani, Kisah Kita Yang Belum Tuntas Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

 

Novel

 

271 hal

 

66.000,-

2 Tak Cukup Dengan Mimpi Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

Kumpulan Cerita Pendek  

244 hal

 

60.000,-

3 Perempuan Membangun Kepahiang Maju Mandiri Sejahtera Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

 

Biografi

 

254 hal

 

65.000,-

4 Jejakku di Pendidikan Nonformal Tutor Bantu SPNF SKB Lebong Kumpulan Cerita Pendek  

226 hal

 

60.000,-

5 Rindu Tak Bertepi Oscar Marwan

Tutor SKB Lebong

Kumpulan Cerita Pendek  

186 hal

 

53.000,-

6 Purnama di Ufuk Kerinduan Nurul Insan

Tutor SKB Lebong

Kumpulan Puisi 156 hal 47.000,-
7 Fenomena Mulai dari Nol Budi Susanto Diporedjo Kumpulan Puisi 119 hal 47.000,-
8 Dandelion Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-1 Kumpulan Cerita Pendek  

274 hal

 

69.800,-

9 Melawan Rasa Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-2 Kumpulan Cerita Pendek  

234 hal

 

62.000,-

10 Epilog Dua Hati Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-3 Kumpulan Cerita Pendek  

202 hal

 

55.000,-

11 Edelweis Catatan Seorang Bidan Desa Leci Zohar

Alumni Kelas Menulis

Novel  

264 hal

 

68.000,-

12 Mikrofthalmia, Dua Mata Tapi Tak Sama Siti Asma

Alumni Kelas Menulis

Novel  

185 hal

 

55.000,-

13 Perjalanan Pembuktian Cinta Susilaeviyanti

Alumni Kelas Menulis

Novel  

241 hal

 

63.000,-

  

  

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =