"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Terima Jasa Kreasi Hantaran Seserahan Pernikahan

Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Tradisi yang sudah lama dilakukan sejak dulu ini menjadi prosesi wajib dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya? Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang bingung sebenarnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan. Isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Berikut beberapa contoh kreasi hantaran yang dibuat oleh perempuan Kepahiang dalam program peningkatan kualitas hidup perempuan tahun 2020.

Perlengkapan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol bimbingannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear,  lingerie dan juga  baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini bermacam – macam isinya. Mulai dari kebaya dan kain, heels, tas, dress, hingga jam tangan.

Perlengkapan Kamar Tidur

Perlengkapan tidur berupa kain sprai, bunga atau pengharum ruangan menambah kesan romantis pada kamar pengantin.

Kain Perempuan

Perlengkapan lainnya yang tak kalah penting adalah kain, biasanya kain panjang. Hal ini sangat diperlukan oleh perempuan dalam rumah tangganya dikelak kemudian hari.

Berapa  kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya tidak ada ketentuan wajib. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada beberapa tradisi seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya tidak ada item wajib yang harus sama. Semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Tips, sebaiknya sang calon pengantin wanita (CPW ) menentukan barang apa saja yang ingin dijadikan isi seserahan. Karena kalau semuanya diserahkan kepada CPP khawatir barang- barang yang dibeli tidak sesuai dengan keinginanmu.

Atau jika ingin berbagi tugas maka para CPW bisa memberikan daftar isi seserahan pernikahan yang diinginkan atau jenis- jenis produk tertentu yang biasa kalian gunakan sehingga memudahkan sang CPP untuk mencari. Atau solusi paling efektif yang biasa dilakukan adalah dengan berbelanja isi seserahan bersama. Jadi sang CPW bisa memilih sambil berdiskusi dengan sang CPP.

Bagi yang berminat mengunakan jasa kreasi hantaran kami dapat menghubungi Umi Yesi (0852-6788-7453) atau Dyah Kreasi (0852-6727-9103)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 9 =