"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

Bersahabat dengan Alhamdulillah dalam Menghadapi Covid-19

Bersahabat dengan Alhamdulillah dalam Menghadapi Covid-19

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menutup sementara tempat hiburan dan rekreasi mulai 23 Maret – 5 April untuk melindungi warga dari penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid 19).  Di Kabupaten Kepahiang, Bupati membuat surat edaran nomor 180/42/bag.3/2020 tentang pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid 19) di Kabupaten Kepahiang yang berbunyi bahwa aktifitas belajar mengajar tingkat TK/SD/SMP dilakukan di rumah/jarak jauh dan dalam pengawasan orang tua mulai tanggal 18 s.d 31 Maret 2020.

Untuk itu PKBM Az Zahra Kepahiang segera menindaklanjuti surat edaran tersebut. Mulai tanggal 18 s.d 31 Maret 2020 semua layanan dan proses tatap muka ditiadakan. Seluruh peserta didik paket A/B/C melakukan pembelajaran di rumah.

Menyikapi hal ini, jangan panik dan cemas berlebihan. Tetap beraktifitas seperti biasa meskipun belajar dan bekerja dilakukan di rumah. Ucapkanlah Alhamdulillah dan berbahagia. Lo kok Alhamdulillah? Bukankah ini musibah bagi kita? Bagaimana bisa bahagia?

Menurut Masrukhul Amri, salah satu gizi spiritual dalam menghadapi kehidupan adalah bersahabat dengan “alhamdulillah” yang artinya segala puji bagi Allah Swt. Orang-orang yang sering bersahabat dengan “gizi spiritual” ini, insyaAllah hidupnya akan lebih bahagia dibanding yang mereka duga.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau adakan virus corona/covid-19 merajalela, sebab dengan demikian pemimpin Negara memikirkan keselamatan rakyatnya. Rakyat juga belajar taat pada intruksi pemerintah untuk selalu mencuci tangan, menghindari keramaian dan menutup mulut dengan masker agar berkurang pembicaraan yang tidak bermanfaat (menyebar berita hoax).

Alhamdulillah ya Allah dengan adanya covid-19, Engkau beri kesempatan anak dan orangtua belajar dan bekerja di rumah. Sebab banyak anak yang kekurangan kasih sayang dan perhatian ayah bunda. Dengan berada di rumah dua pekan ini akan menimbulkan kehangatan dalam keluarga. Kebersamaan tercipta dan komunikasi terbangun kembali melalui makan bersama di meja makan, saling ajar mengajari antara kakak adik tentang materi yang ditugaskan sekolah. Bergotong royong membersihkan rumah, membantu ibu, meringankan pekerjaan rumahnya.

Selain ucapan Alhamdulillah dalam menghadapi covid-19, masih banyak ungkapan syukur lainnya yang dapat melegakan dan menentramkan hati kita dalam mengarungi kehidupan ini. Alhamdulillah dapat menjadi obat hati dari cemas dan khawatir yang berlebih, antaranya:

Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku seorang suami, sebab banyak orang yang ingin bersuami namun belum menemukannya. Suami dengan segala keangkuhannya, menyebabkan hambamu ini mampu belajar sabar.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku seorang istri, sebab banyak orang yang ingin beristri namun belum menemukannya. Istri dengan segala kesulitannya untuk dididik, menyebabkan hambamu ini harus banyak belajar ilmu “Andragogy”, yaitu pendidikan untuk orang-orang dewasa.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan kepadaku beberapa anak, sebab banyak orang yang ingin punya anak namun belum engkau izinkan dan juga banyak yang belum punya anak karena memang belum ketemu jodoh. Anak dengan segala kesulitannya untuk dinasehati, menyebabkan hambamu ini harus banyak menambah ilmu agar sesuai dengan perkembangan zaman anak-anak. Dengan kehadiran anak-anak, justru menyebabkan hambamu malu kalau mau bertengkar dengan istri dan atau suami.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau menitipkan kepadaku seorang atasan pemarah dan sering mengungkit-ngungkit berbagai masalah, sebab banyak orang yang tidak punya atasan, bukan karena dirinya atasan tapi karena dirinya menganggur. Dengan atasan pemarah hambamu berkesempatan untuk mendoakan semoga beliau segera sadar bahwa kemarahan akan menghancurkan siklus kehidupan dirinya sendiri.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau menitipkan kepadaku banyak karyawan, yang sebagiannya suka demo minta tuntutan gaji dan kesejahteraan lainnya, sebab banyak orang tidak punya karyawan sebab sudah lima tahun belakangan ini perusahaannya gulung tikar dan bahkan tikarnyapun sampai tidak ada yang digulung. Dengan punya karyawan, semoga hambamu bisa menjadi salah satu jalan rizki bagi mereka dengan seizin Engkau ya Allah.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menitipkan orang-orang disekelilingku sebagian ada yang menyakiti, walaupun hamba-Mu ini telah berusaha untuk berbuat baik kepada siapapun sekuat kemampuan. Sebab, banyak orang yang tidak pernah disakiti orang lain karena dalam hidupnya tidak pernah bergaul dengan masyarakat banyak. Semoga dengan disakiti dan hambamu tetap ingin berbuat baik dengan yang menyakiti menyebabkan Engkau akan mengabulkan doa-doa orang yang terdhzolimi ini.

Alhamdulillah ya Allah, Engkau memberi kesempatan kepadaku, kuliah tidak sesuai dengan jurusan pilihan pertama, sebab banyak orang yang tidak pernah menikmati jurusan kuliah karena kekurangan dana untuk memenuhi keinginannya kuliah. Dengan kuliah tidak sesuai jurusan, semoga akan punya lebih dari satu keahlian, keahlian pertama adalah jurusan ketika kuliah dan keahlian lainnya adalah mempelajari sendiri banyak hal yang dulu dicita-citakan.

Duhai Sahabat,

Banyak hal didunia ini yang bisa kita syukuri dengan mengucapkan “Alhamdulillah”, dan dengan sering mengucapkan alhamdulillah, milyaran peluang prestasi akan mengejar-ngejar kita. Banyak hal didunia ini yang kita tidak siap menyukuri dengan mengucapkan “Alhamdulillah dan dengan sering merasa berat dan bahkan enggan mengucapkan alhamdulillah, milyaran peluang prestasi akan lari meninggalkan kita.

Berani hadapi tantangan bersahabat dengan alhamdulillah agar hidup dikejar-kejar prestasi? Berani hadapi virus covid-19 dengan Alhamdulillah agar hidup terasa lapang dada, tidak takut dan cemas berlebihan? Ketahuilah bahwa ungkapan syukur dibarengi dengan berpikir positif akan meningkatkan imunitas dalam diri kita sehingga dapat menangkal virus dan melemahkannya.

Ayo praktek….Alhamdulillah ya allah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + seven =