"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

PKH Perempuan: Pribadi Cerdas dan Mandiri

“Wanita Adalah Tiang Negara  Apabila Wanitanya Baik Maka Baiklah Negara dan Apabila Wanitanya Rusak Maka Rusaklah Negara“  

 

Slogan ini bukan hanya kata-kata hiasan belaka, namun sarat arti dan makna. Untuk itu perempuan harus diberdayakan melalui berbagai macam program dan kegiatan. Program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) adalah salah satu ikhtiar dalam rangka mengangkat perempuan marjinal supaya tidak termarjinalkan lagi. Bentuk kemarjinalan perempuan di Kabupaten Kepahiang pada umumnya adalah nikah dibawah umur, tidak memiliki keterampilan, putus sekolah, menganggur, kurang percaya diri, sehingga tidak memiliki penghasilan untuk bisa membantu keluarga dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. Hal ini menjadi laporan utama penyelenggara PKH perempuan yang disampaikan langsung oleh Umi Yesi Ketua PKBM Az Zahra Kepahiang pada saat pembukaan kegiatan, 27 April 2019 di Balai Desa Sidorejo. Kecamatan Kabawetan.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Dr. Hartono, S.Pd.M.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang dan juga dihadiri oleh Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan beserta perangkat desa. Peserta kegiatan sebanyak 30 orang perempuan desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan yang merupakan desa binaan PKBM.

 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui Program PKH-P dengan cara mengenali, menggali, dan mengembangkan seoptimal mungkin potensi perempuan pada 4 (empat) aspek  kecakapan hidup yaitu (1) Kecakapan Personal, (2) Kecakapan Sosial, (3) Kecakapan Intelektual dan (4) Kecakapan Vokasional. Dengan demikian akan tercipta perempuan yang percaya diri, mampu berbagi, pintar dan memiliki keterampilan yang memadai.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut maka ada beberapa materi dan narasumber yang mengisi kegiatan PKH P antara lain:

  1. Pendidikan Keluarga Responsif Gender oleh Bapak Efendi, S.Pd
  2. Kecakapan mengatur Keuangan Rumah Tangga oleh Ibu Foni Susanti, A.Md
  3. Kerukuntetanggaan dan perdamaian oleh Ibu Widya Oktari, S.Pd
  4. Kepedulian dan pelestarian lingkungan oleh Ibu Merti Dwi Ariesti, S.Hut
  5. Kesehatan keluarga, reproduksi ibu dan anak oleh Efi Kaswanti Br Saragih
  6. Keterampilan mengambil keputusan oleh Bapak Feri Irsyari Putra, S.Pd.I
  7. Keterampilan Berkomunikasi oleh Bapak Irawan, S.Pd
  8. Membangun Bisnis di era digital oleh Kms Fahrudin, S.Pd
  9. Keterampilan potong rambut perempuan level dasar oleh Ibu Laili Suryani, S.Pd dan Rosmala
  10. Keterampilan massage oleh Ibu Fitri Nuryani
  11. Keterampilan potong rambut laki-laki oleh Bapak Suryanto

 

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 27 April sd 27 Juni 2019 karena adanya pendampingan usaha yaitu Keterampilan potong rambut dasar. Diharapkan dengan adanya program PKH Perempuan ini akan tercipta perempuan yang mandiri dan mempunyai kompetensi untuk menambah income keluarga. Sehingga kesejahteraan masyarakat terutama perempuan meningkat. PKH Perempuan mewujudkan pribadi perempuan yang cerdas dan mandiri!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + twelve =