"PKBM AZ- ZAHRA""MEMBANGUN PERADABAN YANG BERMARTABAT" "MARI KITA TUNTASKAN WAJIB BELAJAR DUA BELAS TAHUN""TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR"

17 tahun Az Zahra bisa apa?

17 tahun Az Zahra bisa apa?

Maret adalah bulan sejarah lahirnya Az Zahra, tepatnya tanggal 1 Maret 2003. Lahir di garasi rumah yang beralamat di Jln Tunggal Kelurahan Sejantung. Pada mulanya Az Zahra dibentuk untuk memberikan pendampingan kepada anak Sekolah Dasar di sekitar rumah (SD Kompleks Pasar Kepahiang). Saat itu sedang marak keusilan anak laki-laki yang suka membuka rok anak perempuan untuk mengetahui warna celana dalam yang sedang mereka kenakan.

Umi Yesi yang baru pulang dari Jawa setelah menamatkan kuliah di Universitas Diponegoro Semarang merasa terpanggil untuk ikut serta dalam membimbing anak-anak tersebut. Maka bersama teman-teman anggota pengajian membuka Bimbingan Belajar yang diberi nama Az-Zahra, artinya bunga. Harapannya lembaga ini akan memberi kesejukan dan keharuman selayaknya bunga yang indah. Siswa yang mendaftar saat itu ada 7 orang, laki-laki semua. Alhamdulillah dari 7 siswa tersebut ada 5 siswa yang berhasil merubah diri dari siswa rangking akhir menjadi tiga besar di sekolahnya. Dari anak laki-laki yang usil menjadi anak yang periang dan populer di sekolah.

Semakin tahun siswa semakin bertambah, layananpun bertambah hingga akhirnya memutuskan menjadi satuan pendidikan bernama PKBM Az Zahra Kepahiang pada tahun 2005. Program paket C dimulai pada tahun ini dengan jumlah siswa 60 orang. Tahun 2006 layanan paket B dimulai dengan jumlah siswa 26 orang. Dan tahun 2007 program paket A, PAUD, lifeskill dan pemberdayaan perempuan di mulai.

Tahun ini usia Az Zahra tepat 17 tahun. Selama itu apa yang telah dilakukan untuk memberi kontribusi membangun di Kabupaten Kepahiang? 17 tahun Az Zahra bisa apa? Berikut mungkin bisa menjadi memoar Az zahra dari berdiri hingga usia 17 tahun saat ini. Apa sih yang sudah dilakukan?

PENDIDIKAN KESETARAAN (Paket A/B/C)

Pendidikan Kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang ditujukan bagi warga masyarakat yang karena keterbatasan sosial, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografi tidak dapat mengikuti pendidikan di sekolah formal.

Faktor utama anak tidak bersekolah yaitu kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya. Kemiskinan di Kabupaten Kepahiang masih sangat tinggi, hal ini tercermin dari data Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) sebanyak 5.589 Keluarga Miskin (sumber data dari operator PKH Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang per 5 Februari 2020). Dominansi anak putus sekolah berada dalam keluarga penerima manfaat ini. Anak-anak tersebut biasanya membantu orangtuanya bekerja di kebun atau menjadi buruh dengan bayaran rendah sebab keterampilan yang di miliki masih minim. Ada juga anak yang bekerja di warnet, penjaga toko baju, pembantu rumah tangga atau jadi pengasuh anak, kuli angkut di pasar pagi dan jadi kuli bangunan.

 

Faktor kedua anak tidak sekolah atau putus sekolah karena faktor permasalahan sosial yang menimpanya. Contohnya adalah anak korban perkosaan, mereka di keluarkan dari sekolah formal dengan alasan mempermalukan sekolah. Hal ini menurut saya tidak benar, sebab tidak ada satupun anak yang mau dan suka di perkosa, lalu mengapa pihak sekolah mengeluarkan dan memberikan sanksi berat tersebut.

Contoh lainnya adalah anak korban pergaulan bebas yang berujung pada pernikahan usia dini. Pengaruh internet dan video porno sangat besar bagi pendidikan anak anak kita. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan fisik dan otak anak-anak kita. Mereka tumbuh dewasa melebihi batas kewajarannya. Dan fenomena pernikahan dini ini sudah merambah ke tingkat pendidikan SD dan SMP. Berikut jumlah peserta didik 3 tahun terakhir yang bersekolah di PKBM Az Zahra Kepahiang:

Th Pelajaran Jumlah Peserta Didik Paket Total
A B C
2017/2018 32 85 118 235
2018/2019 36 110 111 257
2019/2020 19 119 117 255
Total 87 314 346 747

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Usia lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa krisis dalam kehidupan manusia yang akan menentukan perkembangan kehidupan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama, sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

 

Undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa membuka peluang bagi gerakan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan nonformal. Gerakan satu desa satu PAUD di Kabupaten Kepahiang di mulai tahun 2014. PKBM az zahra Kepahiang ikut serta dalam mensukseskan gerakan tersebut, maka jumlah PAUD dan Desa binaan semakin meningkat yaitu:

No Nama PAUD Tanggal Berdiri Alamat
Desa/Kel Kecamatan
1 Bougenville Indah 22/10/2007 Sidorejo Kabawetan
2 Fatonah 10/03/2007 Tapak Gedung Tebat Karai
3 At Thoriq 01/09/2009 Padang Lekat Kepahiang
4 Pondok Qalam 10/01/2010 Pasar Kepahiang Kepahiang
5 Asyifa 17/01/2011 Bayung Seberang Musi
6 Miftahunnajjah 19/09/2011 Taba Baru Bermani Ilir
7 Pandan Wangi 28/08/2014 Taba Padang Seberang Musi
8 Ar Rosyad 22/12/2014 Talang Gelompok Seberang Musi
9 Pelita Hati 28/12/2014 Tebat Laut Seberang Musi
10 Oryza Sativa 28/08/2014 Limbur Lama Bermani Ilir
11 Tunas Bangsa 22/12/2014 Cinta Mandi Baru Bermani Ilir
12 Al Fattah 24/12/2014 Karang Endah Kepahiang
13 Nu Fallah 79 23/06/2017 Suka Merindu Kepahiang

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Pemberdayaan, mengandung makna membuat agar orang mampu bekerja untuk pembangunan mereka sendiri ke arah perubahan pola pikir dan sikap perilaku sebagai manusia yang bertanggung jawab untuk mejalankan fitrahnya, yaitu manusia yang mampu memberikan potensi yang ada dalam dirinya untuk kesejahteraan diri dan lingkungannya, bagi kelompoknya, bagi organisasinya dan bagi komunitas masyarakatnya.

Permasalahan sosial yang sering di jumpai antara lain banyaknya perempuan menikah di bawah umur akibat menganggur dan putus sekolah, serta banyaknya perempuan menjadi kepala keluarga (PEKA) pada musim paceklik dikarenakan suaminya pergi ke kota untuk menjadi buruh serabutan, sementara mereka ditinggal di kampung dengan bekal seadanya dan kerepotan pula dalam mengasuh dan mendidik anak mereka.

 

Dampak dari permasalahan tersebut membuat perempuan rentan menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga, adanya kematian ibu hamil dan melahirkan dan ketidak berdayaan perempuan dalam mengelola ekonomi keluarga. Program yang sudah dan pernah dilakukan oleh PKBM Az Zahra Kepahiang untuk perempuan ekonomi menengah ke bawah dan bermasalah sosial tersebut antara lain:

Tahun Nama Keterampilan Jumlah Peserta Lokasi Kegiatan
2020 Membatik/batik tulis Diwo Kepahiang 26 Desa Sidorejo Kec Kabawetan
2019 Teknik Potong Rambut level dasar 30 Desa Tugurejo kec Kabawetan
2018

 

Menjahit 20 Panti Bina remaja Bengkulu
2017 Tata Rias Pengantin 20 Laili salon, Dusun Kepahiang
2016 Pembuatan saos dan dodol pepaya 20 Desa Tebat Monok Kec Kepahiang

SATU BULAN SATU BUKU (Sabusabu)

Kami belum menjadi penulis yang hebat. Kami juga bukan penulis yang terkenal. Buku baru beberapa yang diterbitkan. Belum banyak yang membaca dan berminat membelinya. Namun, kami mempunyai mimpi. Mimpi yang besar, yaitu mengajak orang lain untuk ikut menulis. Kami berpikir bahwa mengajak orang lain untuk gemar membaca harus dimulai dengan menulis. Sebab jika sudah pandai menulis, otomatis mereka akan mahir membaca. Minimal mereka akan membaca hasil tulisannya sendiri.

 

Maka, bismillah tim Az Zahra berembuk dan membuat ide brilian dengan membuka kelas menulis fiksi Sabusabu. Apa Sabusabu? Itu adalah istilah dan doa kami yang merupakan singkatan dari Satu Bulan Satu Buku. Harapannya semua alumni kelas menulis mampu membuat karya setiap bulannya. Baik karya bersama maupun karya pribadi, buku sendiri. Sabusabu adalah candu. Ketika mereka berhasil membuat satu naskah maka akan lahirlah naskah-naskah lainnya. Berikut beberapa judul buku karya alumni kelas sabusabu.

No Judul Penulis Kategori
1 Hamari Adhuri Kahani, Kisah Kita Yang Belum Tuntas Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

 

Novel

2 Tak Cukup Dengan Mimpi Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

Kumpulan Cerita Pendek
3 Perempuan Membangun Kepahiang Maju Mandiri Sejahtera Umi Yesi

Ketua PKBM Az Zahra Kph

 

Biografi

4 Jejakku di Pendidikan Nonformal Tutor Bantu SPNF SKB Lebong Kumpulan Cerita Pendek
5 Rindu Tak Bertepi Oscar Marwan

Tutor SKB Lebong

Kumpulan Cerita Pendek
6 Purnama di Ufuk Kerinduan Nurul Insan

Tutor SKB Lebong

Kumpulan Puisi
7 Fenomena Mulai dari Nol Budi Susanto Diporedjo Kumpulan Puisi
8 Dandelion Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-1 Kumpulan Cerita Pendek
9 Melawan Rasa Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-2 Kumpulan Cerita Pendek
10 Epilog Dua Hati Karya bersama alumni kelas menulis angkatan ke-3 Kumpulan Cerita Pendek
11 Edelweis Catatan Seorang Bidan Desa Leci Zohar

Alumni Kelas Menulis

Novel
12 Mikrofthalmia, Dua Mata Tapi Tak Sama Siti Asma

Alumni Kelas Menulis

Novel
13 Perjalanan Pembuktian Cinta Susilaeviyanti

Alumni Kelas Menulis

Novel
14 Bias Asa Puji Astuti alumni kelas menulis Puisi

PENDAMPINGAN DAN PERAWATAN SOSIAL LANJUT USIA (Homecare)

Homecare lanjut usia merupakan pelayanan pendampingan dan atau perawatan lanjut usia di rumah dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari
yang dilakukan oleh keluarga, kerabat atau warga masyarakat setempat. Homecare lanjut usia memiliki beberapa fungsi antara lain pencegahan,
promosi, rehabilitasi dan perlindungan serta pemeliharaan. Jumlah lansia yang sudah didampingi 3 tahun sebagai berikut:

No Tahun Jumlah Lansia
1 2019 75
2 2018 50
3 2017 100
Total 225

 

 PRESTASI

Selama 17 tahun mengabdi, beberapa prestasi telah di raih oleh PKBM, Pengelola dan Tutor, baik tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional.

No Bentuk Penghargaan Diperoleh dari Tahun Keterangan
1 Juara I Manajemen  Kelembagaan tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Kabupaten Kepahiang 2007 Helmiyesi, S.Si
2 Juara II lomba Dokumen PKBM tingkat Provinsi  Bengkulu, Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2007 PKBM
3 Juara I Manajemen  Kelembagaan tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2008 Helmiyesi, S.Si
4 Juara I lomba Dokumen PKBM  tingkat Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2008 PKBM
5 Juara I lomba karya nyata ” Manajemen PKBM Berbasis Agama tingkat provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2008 Helmiyesi, S.Si
6 Juara Harapan I lomba karya nyata pada Jambore PTK-PNF Tingkat Nasional di Semarang, Direktorat Pendidikan Non Formal dan Informal, Jakarta 2008 Helmiyesi, S.Si
7 Juara I Manajemen  Kelembagaan tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2009 PKBM
8  Juara II lomba Karya Nyata  (LKN) Manajemen PKBM Berbasis Cinta, tingkat Provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2009 Helmiyesi, S.Si
9 Juara I Lomba Karya Tulis Tutor Paket B Tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2010 Essy Destiana, S.Pd
10 Juara I Lomba Mendongeng bagi Pendidik PAUD Tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2010 Selvi Marcelia
11 Juara I Lomba Karya Nyata Perluasan Akses Layanan PAUDNI Pengelola PKBM Tingkat Kabupaten Kepahiang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2011 Helmiyesi, S.Si
12 Juara II Lomba Karya Nyata Perluasan Akses Layanan PAUDNI Pengelola PKBM Tingkat Provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2011 Helmiyesi, S.Si
13 Juara II Lomba Tutor Paket C Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2013 Essy Destiana, S.Pd
14 Juara II Lomba Tutor Paket B Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2014 Essy Destiana, S.Pd
15 Juara III Lomba Tutor Paket C Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2014 Fery Irsyari Putra, S.Pd.I
16 PKBM Pembina dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2015 PKBM
17 Juara 1 Tutor Paket A Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2016 Yosi Paraski, S.Pd
18 Juara 1 Tutor Paket B Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepahiang 2016 Merti Dwi Ariesti, S.Hut
19 Juara II Tutor Paket A Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2016 Yosi Paraski, S.Pd
20 Juara II Tutor Paket B Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2016 Merti Dwi Ariesti, S.Hut
21 Juara I Pengelola PKBM Tingkat Provinsi dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2017 Helmiyesi, M.Si
22 Juara VI Pengelola PKBM Tingkat Nasional dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI GTK PAUD dan Dikmas 2017 Helmiyesi, M.Si
23 Juara I LKS Berprestasi Tingkat Provinsi dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Sosial Provinsi Bengkulu 2017 LKS
24 Juara 2 Tutor Paket A Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2018 Merti Dwi Ariesti, S.Hut
25 Juara 1 Tutor Paket B Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2018 Yosi Paraski, S.Pd
26 Juara 2 Tutor Paket B Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2018 Rilla Aria Duta, S.Pd
27 Juara 1 Tutor Paket C Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2018 Irawan, S.Pd
28 Juara 2 Tutor Paket C Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2018 Kms Fahrudin, S.Pd
29 Juara I Pengelola SPS Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2018 Sri Wanti, S.Pd
30 Juara I Tutor Paket C Tingkat Provinsi dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2018 Irawan, S.Pd
31 Juara I Pengelola SPS Tingkat Provinsi dalam Rangka Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2018 Sri Wanti, S.Pd
32 Juara I Pengelola KB/TPA/SPS Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2019 Ida Royani, S.IP
33 Juara 1 Tutor Pendidikan Kesetaraan Tingkat Kabupaten dalam Rangka Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang 2019 Yosi Paraski, S.Pd
34 Juara 1 Tutor Pendidikan Kesetaraan Tingkat Provinsi dalam Rangka Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu 2019 Yosi Paraski, S.Pd

 

 

Umur 17 tahun ibarat anak gadis yang sedang tumbuh ranum, elok dan memikat, ibarat pemuda tampan yang bercahaya indah dipandang mata. Selama 17 tahun tumbuh banyak suka duka temui. Namun…semua dapat dilalui dengan kebersamaan dan rasa kasih sayang antara pengelola dan tutor-tutornya. Semoga Az zahra semakin tumbuh dewasa, memberi manfaat, memuliakan masyarakat dan menjadi rujukan pengelolaan pendidikan masyarakat yang lebih luas.

Happy birthday Az zahra

Sweet seventeen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =